Misteri Angka 6174 dan gunanya untuk guru sd
Taukah kamu misteri 6174 ?
FYI : Angka ini telah membuat ahli matematika dan penggemar angka terpukau sejak 1949 loh
mengapa demikian ?
Coba ikutilangkah berikut !
1. Pilih 4 digit angka termasuk nol.
misalnya 1342
2. Susun angka dari angka besar ke kecil
jadi :4321
3. Sekarang atuh dari kecil ke besar
jadi : 1234
Kurangi angka besar dan angka kecil
jadi 4321-1234 =3087
Sekarang kita lakukan langkah 2 dan 3 dengan menyusun hasil diatas
jadi : 8730 - 0378 = 8352
Ulangi seperti cara tadi, kita gunaan hasil 8352
jadi 7641 - 1467 = 6174
jika kita mengginakan angka berapapun selama mengikuti pola tersebut maka hasilnya akan sama yaitu 6174
hebat kan?
untuk kamu yang berprofesi sebagai seorang guru, kamu bisa melakukan trik ini kepada murid untuk membuat mereka terkesan. namun, trik ini hanya berlaku untuk 1 kali pengunaan dan kemaslah semenarik mungkin.
menurut Yutaka nishiyama yang merupakan seorang guru di osaka university mengatakan bahwa setiap empat angka digit dimana dgitnya tidak sama mencapai angka 6173 berdasarkan proses kaprekar paling banyak tujuh langkah .